5 Jenis Bahan Sepatu yang Paling Populer

Sepatu yang tersebar di pasaran terbuat dari bahan berbeda beda. Bahan sepatu yang tersedia juga ada yang alami ada juga yang buatan contoh, bahan sepatu alami untuk membuat sepatu adalah kapas, wol, kulit binatang, dan karet alam. Bahan alami ini melalui beberapa proses sebelum siap digunakan. Di sisi lain, bahan sepatu buatan dibuat dengan bahan kimia diproses di tempat khusus. Banyak orang yang menggunakan sepatu buatan karena menjadi pilihan harga yang lebih murah Ada banyak sekali jenis Bahan sepatu digunakan di dunia, tetapi ada 5 jenis bahan sepatu yang paling populer sebagai berikut.

 

 1. Bahan kulit

Sepatu kulit asli merupakan sepatu berkualitas yang memiliki harga jual yang cukup tinggi. Meski sepatu kulit tersebut dibuat langsung oleh tangan manusia, harganya bisa sangat mahal. Tidak termasuk sepatu, pakaian dan aksesoris kulit lainnya, seperti dompet, jaket, tas, ikat pinggang dan sejenisnya. Kulit dikenal elastis namun kuat.

Kulit juga memiliki beragam sifat, maka dari itu dapat diregangkan tanpa takut sobek atau tergores. Sifat lain dari bahan ini adalah tahan air tetapi kulit juga sensitif dengan air, jika tidak dirawat dengan baik, mudah dibersihkan, menyerap bau dan membantu mengatur suhu. Semua keunikan sepatu ini sangat nyaman digunakan dalam banyak kondisi. 

2. Bahan Tekstil

Bahan tekstil merupakan bahan fleksibel yang tersusun dari benang-benang yang ditenun. Kain dibentuk dengan bordir, jahitan, mengikat dan menekan. Istilah bahan tekstil yang umum digunakan dengan istilah kain. Namun, ada sedikit perbedaan antara kedua sebutan tekstil ini. Istilah bahan tekstil dapat digunakan untuk bahan apa pun yang terdiri dari benang tenun sedangkan kain adalah produk jadi yang bisa dipakai. Bahan ini juga biasa digunakan untuk membuat sepatu wanita dan pria.

Sepatu kain ini terdapat berbagai warna dan pola serta kelenturan yang tidak buruk dalam model juga desain. Beraneka macam bahan sepatu yang paling umum seperti wol, nilon, polyester, dan kapas. Begitu juga dengan bahan sepatu tekstil yang paling cukup populer adalah rayon, lycra dan polypropylene. 

3. Bahan Sintetis

Sintetis merupakan bahan yang dihasilkan bukan dari tumbuhan, hewan, atau makhluk hidup lainya. Bahan sintetis ini memiliki sebutan lain yang berbeda beda, seperti kulit sintetis atau hanya sintetis saja. Mereka sama dengan komposit buatan kualitas dan daya tahan bahannya sintetis dinilai oleh beberapa hal, seperti serat polisher yang digunakan untuk lapisan penyangga serta cara perekatannya.

Bahan sintetis yang mempunyai kualitas rendah dapat dilihat dari permukaan yang tidak halus dan berkerut. Sepatu berbahan sintetis ini tersedia dalam berbagai warna, model, dan tekstur. Harganya juga terjangkau tetapi daya tahan yang kurang, menyebabkan sepatu dengan bahan ini tidak awet.

4. Bahan Karet

Karet merupakan jenis material sintetis atau non kulit. Dalam berbagai industri bahan ini berasal dari getah pohon karet yang diolah sehingga, salah satunya menjadi produksi paling sering digunakan untuk membuat bagian sol. Sebagian besar karet sepatu terbuat dari polisher yaitu karet yang lebih ramah lingkungan (karet alam alternatif). Sepatu bahan karet memiliki daya tahan kuat, tahan air dan lentur. 

5. Bahan Busa

Busa merupakan bahan yang terbuat dari plastik atau karet yang biasanya terletak dibagian bawah depan sepatu berfungsi untuk menambahkan kenyamanan saat dipakai. Ada jenis busa yang digunakan dalam pembuatan sepatu seperti, jenis busa sel terbuka dibuat untuk air dan udara melewatinya.

Di sisi lain, busa sel tertutup mencegah gas di dalam keluar. Busa retikulasi yang digunakan untuk memberi jalan sirkulasi udara pada sepatu, jenis busa sel terbuka ini paling sering dipergunakan karena kualitasnya cenderung lebih lunak. Sedangkan dengan busa sel tertutup bahannya lebih padat jenis ini memiliki sifat seperti kedap air atau elastis. 

 

Nah, itulah 5 jenis bahan sepatu yang paling populer digunakan, berbagai jenis bahan sepatu juga memerlukan berbagai jenis perawatan, ketika anda mengalami kesusahan ketika merawatnya gunakanlah jasa cuci sepatu makassar karena mereka mengerjakan dengan profesional. 

Mengetahui informasi diatas bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli sepatu. Agar mudah dalam menemukan jenis sepatu yang diinginkan. Harap bijaksana dalam meneliti sebelum membeli agar kegiatan ketika berbelanja terasa tidak membosankan.

Similar Posts