septic tank

5 Tips Menghilangkan Bau Septic Tank yang Mengganggu Kenyamanan

Sebagai tempat pengolahan limbah yang berasal dari manusia, septic tank tentu kerap mengeluarkan bau yang tidak enak. Dan ini bisa dikarenakan oleh beberapa sebab. Oleh karena itulah, diperlukan beberapa tips untuk menghilangkan bau septic tank tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar kenyamanan tetap terjaga, dan tentunya tidak akan mengganggu kesehatan.

 

1. Memperbaiki Ventilasi

Salah satu yang menjadi penyebab keluarnya bau menyengat dari dalam septic tank yaitu ventilasi tidak dapat bekerja secara maksimal. Padahal bagian ini menjadi salah satu komponen yang penting. Bukan hanya sebagai jalan pembuangan gas, ventilasi juga berperan dalam membantu proses penguraian limbah oleh bakteri. Yang mana dalam prosesnya memerlukan oksigen.

Jika septic tank sudah penuh dan menyumbat ventilasi, tentu gas akan menguap. Dan ketika hal ini terjadi, segera lakukan pengecekan dan perbaikan. Pastikan melakukannya secara hati-hati. Sebab di dalam septik tank terdapat gas metana yang mengandung racun dan dapat menimbulkan ledakan. Tapi jika tidak ada ventilasi, segeralah minta tukang memasangkannya.

septic tank

2. Menaburkan Soda Kue

Tips kedua yang dipercaya ampuh dalam mengatasi bau yang dikeluarkan oleh septik tank yaitu memanfaatkan baking soda. Bahan ini ternyata memiliki kegunaan lain dan mempermudah kegiatan, tidak hanya untuk membuat kue. Cara kerja utama dari soda kue adalah mempertahankan pH yang ada di dalamnya, yakni berada di kisaran 6,8-7,6.

Cara menggunakan soda kue yaitu dengan mengambilnya sebanyak satu cangkir. Setelah itu tinggal taburkan ke saluran pembuangan atau kloset. Lakukan tips ini satu minggu sekali saja. Karena jika berlebihan malah tidak bisa bekerja maksimal. Soda kue akan keluar dan limbah ikut terdorong sebelum bakteri pengurai mencernanya.

3. Menggunakan Mikroorganisme Pengurai

Ada tips menghilangkan bau septic tank yang lain dan bisa dicoba sendiri di rumah. Caranya yaitu dengan menggunakan bahan kimia berupa penghilang bau. Pada produk ini terkandung mikroba probiotik yang berfungsi penting dalam mengolah limbah. Produknya pun sudah beredar banyak di beberapa toko atau marketplace.

Penggunaan produk penghilang bau ini juga menjadi solusi tepat saat septic tank sudah penuh tanpa harus memanggil jasa sedot WC. Cukup lakukan satu kali saja dalam dua bulan. Lalu ikuti panduan berikut ini:

  • Jika ada lubang udara pada septik tank, maka produk dituangkan ke kloset sebanyak satu botol. Setelah itu guyur dengan air secukupnya
  • Apabila tidak memiliki lubang udara, maka campurkan satu botol produk tersebut dengan air (perbandingan 1:2). Lalu diamkan dulu di udara terbuka agar mikroorganisme dapat berkembang. Tuangkan ke kloset dan siram menggunakan air.

4. Memasang Filter Khusus

Tips berikutnya agar tidak ada bau-bau kurang sedap dari septik tank adalah dengan memasangkan sebuah filter khusus. Tidak perlu membelinya, karena dapat membuatnya secara sederhana. Gunakanlah masker yang sudah tidak terpakai, serbuk arang cuci piring, dan kain kasa. Lalu ikatkan pada ujung ventilasi.

5. Memanggil Jasa Sedot WC

Lalu bagaimana jika sudah melakukan tips di atas tapi septik tank masih bau? Maka jalan terakhir yaitu memanggil jasa sedot WC. Langkah ini dipilih ketika bak pengolah limbah benar-benar penuh dan tidak mampu mengatasinya. Untuk mengeceknya, coba siramkan air ke kloset dan lihat apakah mengalir dengan lancar atau tidak.

 

Demikian uraian mengenai beberapa tips untuk menghilangkan bau septic tank yang mengganggu kenyamanan. Karena ini bagian penting yang ada di rumah, maka harus rajin melakukan perawatan. Saat memilih pertama kali pun tidak boleh asal. Dan yang paling tepat yaitu menggunakan septic tank biotech. Untuk penjelasannya bisa mengunjungi https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/

Similar Posts