Analisis Bisnis Abon Ikan yang Menguntungkan

Analisis bisnis abon ikan bisa dilihat dari persiapan bisnis serta analisa yang ada, dengan melakukan analisis ini kamu sebagai pebisnis jadi bisa melihat perkembangan dari bisnis abon ikan yang kamu buka. Bisnis abon ikan juga termasuk kedalam olahan baru untuk jenis ikan, jadi pada pengerjaanya kamu harus teliti.

Abon sendiri sebelumnya telah banyak diproduksi, yang biasanya diolah dari daging ayam dan sapi. Untuk abon ikan mungkin masyarakat Indonesia juga masih banyak yang belum mengetahui kebenarannya.

Untuk memperkenalkan dan membagikan analisis bisnis abon ikan, saya buat artikel ini untuk kamu. Siapa tau dengan adanya artikel ini dapat membantu dan memberi pengetahuan lebih pada topik analisis bisnis abon ikan. Selamat menyimak ya!

 

Bisnis Abon Ikan

Seperti apa yang tadi sudah disinggung, bahwa abon ikan ini memang salah satu metode dan olahan baru yang bisa dibuat dari ikan segar. Ikan yang biasanya digunakan untuk diolah menjadi abon juga beragam, seperti ikan tuna, kakap, gabus, dan sebagainya. Yang mana sebenarnya pada pengolahannya segala jenis ikan dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan abon itu sendiri.

Mengingat kembali bahwa Indonesia merupakan negara kelautan jadi untuk menemukan bahan bakunya  yaitu ikan bisa tergolong mudah jika kamu akan membuka bisnis abon ikan ini, karena hal tersebut juga dapat menguntungkan bisnis kamu. Supaya dalam pemborongan bahan bakunya kamu tidak perlu mencari supplier yang jauh, sehingga bisa hemat ongkos.

Peluang bisnis untuk pembuatan abon ikan juga tergolong bagus, karena abon juga bisa dan biasa disajikan sebagai lauk pokok ataupun pelengkap dalam sebuah makanan. Dengan begitu maka masyarakat Indonesia khususnya warga sekitar bisa melariskan abon yang kamu buat.

 

Persiapan Bisnis Abon Ikan

Bagi kamu yang memang tertarik untuk membuka bisnis abon ikan kamu perlu mempersiapkan beberapa hal supaya bisnismu dapat berjalan dengan aman, kalaupun ada kendala nantinya kamu juga bisa mengatasinya. Berikut beberapa persiapannya.

1. Resep Abon Ikan

Pada proses pembuatannya, setiap makanan pasti memiliki resep yang berbeda. Begitupun dengan pembuatan abon ikan, kamu harus bisa mengolah resep yang kamu punya dengan baik supaya nantinya abon yang dihasilkan tidak berbau amis. Pastikan juga kamu bisa menguasai resepnya.

2. Bahan Baku Abon Ikan

Setiap  usaha pasti memerlukan bahan baku yang berkualitas, dalam hal ini kamu bisa memilih ikan yang segar, gurih, dan juga memiliki tekstur yang kenal. Karena dengan ikan yang seperti itu nantinya abon yang dihasilkan bisa digemari oleh konsumen. Selain itu kamu juga harus memperhatikan peralatan yang digunakan.

Dalam pembuatan abon kamu bisa menggunakan mesin pembuat abon untuk mempersingkat waktu dan tenaga.

3. Perhatikan Kemasan dan Pelajari Market

Kemasan akan selalu mempunyai peran penting pada setiap produk yang dihasilkan dari sebuah bisnis, karena dengan kemasan kamu bisa mencantumkan gambaran besar mengenai produkmu serta informasi pribadi supaya konsumen bisa lebih tertarik dan mudah mengenali produk abon ikanmu ini.

Kemasan juga salah satu strategi marketing yang bisa kamu gunakan, namun sebelumnya kamu memang harus mempelajari marketing terlebih dahulu. Karena nantinya itu akan berguna untuk media pemasaran dari abon ikan yang kamu miliki.

 

Analisa Bisnis Abon Ikan

analisa bisnis abon ikan

Semua usaha yang akan dimulai pasti sebelumnya perlu melakukan analisa terlebih dahulu, supaya kamu sebagai produsen pada bisnis abon ikan ini bisa tau terkait latar belakang dan bagaimana bisnis abon ikan ini bisa terbentuk..

Berikut ini merupakan beberapa analisa yang diperlukan untuk membuka bisnis abon ikan.

1. Modal Awal

Untuk modal awal tentu saja mencangkup semua rincian peralatan yang diperlukan untuk mengolah abon ikan. Yang mana setiap bulannya kamu tidak perlu mengeluarkan modal awal ini, karena hal ini mencangkup alat yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Atau bisa juga dikatakan sebagai investasi pada bisnis abon ikan ini.

Biasanya alat atau mesin yang digunakan seperti mesin pembuat abon, mesin abon, saringan, kompor, dan lain sebagainya.

2. Biaya Operasional

Pada biaya operasional ini merupakan perhitungan biaya yang harus dikeluarkan selama pembuatan abon ikan beroperasi, atau selama proses produksi berlangsung. Jadi disini kamu baru bisa menghitung semua bahan yang digunakan, listrik, air, serta gaji karyawan jika ada.

3. Omzet

Omzet ini bisa disebut sebagai nilai total yang didapat selama penjualan abon ikan. Yang mana pada analisanya, kamu harus bisa menghitung secara benar dan rinci supaya perhitungannya jelas, tidak perlu mengulang dan tidak merugikan.

4. Keuntungan

Pada analisa keuntungan  kamu harus mengetahui omzet yang bisa didapatkan dan biaya operasional terlebih dahulu. Yang pada akhirnya akan diambil selisih dari dua perhitungan tersebut. Jika sudah maka hasil dari selisih itulah yang didapat sebagai keuntungan bisnis abon ikan.

 

Penutup

Itu tadi pembahasan mengenai analisis bisnis abon ikan yang bisa disampaikan, semoga dengan adanya pembahasan diatas kamu jadi bisa memperkirakan bagaimana jika kamu membuka bisnis abon ikan. Semoga juga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan terkait bisnis abon ikan. Salam pebisnis!

Similar Posts