Pengertian AI

Apa Itu IoT : Sistem Kerja dan Manfaatnya

Teknologi IoT memungkinkan penggunanya dapat mengontrol berbagai perangkat elektronik di rumah hanya melalui smartphone. Teknologi canggih satu ini diklaim membawa banyak perubahan hidup yang lebih praktis. Nah, tahukah anda apa itu IoT?

Banyak kemudahan yang bisa dinikmati berkat adanya Internet of Things (IoT). Sistem kerja IoT menghubungkan berbagai perangkat melalui internet sehingga memudahkan aktivitas manusia di zaman era modern ini.

 

Pengertian IoT

Tidak banyak orang yang familiar dengan istilah satu ini. IoT atau Internet of Things sebenarnya merupakan konsep dimana berbagai perangkat sensor saling terhubung melalui internet untuk mengumpulkan serta mentransfer data tanpa bantuan perangkat komputer dan manusia sebagai user. 

 

Sistem Kerja IoT

IoT bekerja dengan cara mentransfer data yang dilakukan dengan berbagai macam teknologi. Diantaranya yaitu sensor, QR, code dan juga Radio Frequency Identification (RFID) yang ada di sebuah perangkat. Nantinya, perangkat yang terkoneksi dengan internet akan mengumpulkan serta menganalisa data untuk melakukan perintah pengguna secara otomatis.

Pengertian AI

Contoh IoT

Ada banyak penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari yang tanpa disadari sangat bermanfaat. Diantara contohnya yaitu sistem smart home, penggunaan QR code dalam metode pembayaran, metode scan barcode untuk mengetahui harga produk dan pengambilan keputusan dalam bidang bisnis.

 

Manfaat IoT dalam Bidang Bisnis

Manfaat IoT dalam berbagai bidang kehidupan tentunya sangat bermanfaat karena dinilai dapat membuat pekerjaan lebih praktis. Sementara itu, manfaat IoT dalam bidang bisnis diantaranya yaitu dapat meningkatkan efisiensi kerja, memangkas biaya operasional, serta meningkatkan customer experience.

 

Unsur Pembentuk IoT

Setelah menyimak pembahasan tentang apa itu IoT, sistem kerja, contoh dan manfaat Iot diatas, selanjutnya masuk ke pembahasan unsur-unsur IoT. Ada beberapa unsur pendukung yang berperan dalam IoT, diantaranya yaitu sensor, konektivitas, cloud, artificial intelligence dan user interface.

 

Penutupan

Nah, demikianlah artikel tentang apa itu IoT. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa Internet of Things merupakan berbagai perangkat yang saling terhubung dengan menggunakan internet yang nantinya bertujuan untuk melakukan transfer data.

Ada banyak kemudahan yang didapat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi IoT dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber Artikel : Majapahit Teknologi

Similar Posts