klinik gigi bekasi

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anda Mengalami Sakit Gigi

Beberapa sakit gigi sangat parah sehingga mengonsumsi obat pereda nyeri tidak dapat memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan. Atau jika Anda salah satu dari mereka yang tidak bisa meminum obat pereda nyeri yang kuat, maka perjalanan ke dokter gigi Anda akan menjadi momen yang tidak akan tertahankan. Mengemudi mungkin tidak aman karena sakit gigi dapat mengganggu.

Posting ini membagikan beberapa alternatif untuk penghilang rasa sakit sementara sampai dokter gigi Anda dapat mengobati sakit gigi Anda atau sampai Anda mencapai ruang gawat darurat rumah sakit. Anda harus menganggap sakit gigi sebagai kasus darurat jika telah berlangsung selama setidaknya satu hari, Anda mengalami demam dan Anda memiliki gusi bengkak atau tanda-tanda infeksi dan gejala lain selain rasa sakit. Selain itu sakit gigi juga bisa disebabkan oleh penyebab lain selain kerusakan gigi dan penyakit gusi, karena itu sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi profesional. Anda bisa menemukan dokter gigi profesional melalui saran / rekomendasi teman dan keluarga. Tapi jika anda belum mempunyai rekomendasi dokter gigi yang bagus, saran saya coba saja di Drg Bintari Eska yang buka praktek di klinik gigi JB-Dental Bekasi ataupun Tooth Signature Kelapa Gading 

Obat Sakit Gigi

Sakit gigi bisa terjadi kapan saja. Anda mungkin tidak dapat menemui dokter gigi segera atau pereda nyeri mungkin tidak dapat memberikan bantuan sementara yang sangat dibutuhkan. Berikut adalah solusi alami untuk membuat rasa sakit tertahankan terutama di malam hari. Ini adalah obat alami yang terbuat dari barang-barang yang dapat ditemukan di sebagian besar rumah tangga.

CATATAN PENTING: Ini hanyalah obat nyeri sementara yang telah direkomendasikan oleh penyedia layanan gigi internasional. Tentunya obat sakit gigi tradisional yang dibahas ini  TIDAK akan membantu dalam semua kasus dan BUKAN pengganti perawatan yang ditentukan oleh dokter gigi. Jika Anda merasa sakit, Anda harus segera menemui dokter gigi.

Garam dan Air Panas

  • Encerkan satu sendok makan garam dalam segelas air hangat / panas.
  • Berkumur atau bilas dengan larutan air garam ini 4 hingga 5 kali sehari untuk mengurangi peradangan.

Ini adalah obat yang direkomendasikan untuk sakit gigi yang berhubungan dengan penyakit gusi. Solusinya juga sementara meningkatkan pH atau alkalinitas area mulut yang mencegah proliferasi bakteri. Hampir semua jenis bakteri lebih menyukai lingkungan yang asam.

Pasta garam dan merica

Campur sendok teh garam meja dan sendok teh merica. Tambahkan beberapa tetes air untuk mencapai konsistensi seperti pasta.
Oleskan pasta pada gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit.

Pasta garam dan merica adalah obat sakit gigi kuno. Bahan-bahannya memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan analgesik untuk meredakan nyeri gigi dengan cepat.

Daun jambu biji

Kunyah satu atau dua daun sampai ada cukup cairan untuk melapisi gigi yang sakit.
Anda juga bisa merebus empat hingga lima daun dalam air. Tambahkan garam; biarkan larutan menjadi dingin dan gunakan sebagai obat kumur.
Daun jambu biji segar memiliki sifat anti-inflamasi, anti-mikroba dan analgesik.

Minyak cengkeh

Rendam bola kapas dalam minyak cengkeh. Biarkan gigi yang sakit menggigit bola kapas yang sudah direndam tersebut. Jika Anda tidak memiliki cukup minyak cengkeh, oleskan sedikit pada sepotong kapas atau bahan penyerap dan gosok perlahan pada area yang terkena. Ini direkomendasikan untuk nyeri pada gigi dengan rongga yang dalam.

Jika minyak cengkeh tidak tersedia, giling dua potong cengkeh utuh. Tambahkan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur dan gunakan seperti instruksi di atas.

Anda dapat menyiapkan obat kumur minyak cengkeh dengan mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan gelas air.

Minyak cengkeh memiliki sifat anestesi, antioksidan, anti-inflamasi dan antibakteri untuk melawan infeksi dan sakit gigi.

Minyak lain yang dapat digunakan dengan cara yang sama seperti minyak cengkeh adalah: minyak bunga matahari, minyak wijen, minyak pala, minyak oregano dan minyak pohon teh.

Es batu

Es dapat membantu mengurangi sakit gigi dengan mematikan atau membius ujung saraf.

Letakkan es batu yang dibungkus kain katun tipis di pipi dekat gigi yang sakit. Tahan selama beberapa menit.

Tempelkan dan gosokkan saja es batu tersebut. Rasa dingin dari es batu tersebut akan mengintervensi sinyal rasa sakit, sehingga Anda tidak merasakan sakit gigi tersebut untuk sementara waktu.

Bawang putih

Campur bubuk bawang putih atau siung bawang putih yang dihaluskan dengan garam meja, lalu oleskan langsung pada gigi yang sakit. Bawang putih mengandung allicin yang memiliki sifat antibiotik. Allicin mengurangi sakit gigi dengan mengurangi bakteri pada area di mana itu diterapkan.

Bawang bombai

Kunyah bawang mentah selama beberapa menit untuk mengurangi sakit gigi. Atau, potong dan tempelkan langsung pada gusi atau gigi yang sakit.

Ekstrak vanili

Celupkan kapas ke dalam vanila dan oleskan pada area yang terkena. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai rasa sakitnya hilang atau berkurang.

Pasta jahe-cabai

Buat pasta jahe-cabai dengan mencampurkan rempah-rempah dalam jumlah yang sama dengan air secukupnya untuk mencapai konsistensi seperti pasta. Celupkan sepotong kecil kapas ke dalam pasta dan tempelkan pada gigi yang sakit sampai rasa sakit berkurang atau hilang. Hindari kontak dengan lidah atau gusi jika tidak tahan dengan panas dari kedua bumbu tersebut. Jahe atau cabai rawit dapat digunakan secara terpisah sebagai pasta. Keduanya memiliki sifat analgesik.

klinik gigi bekasi

Pencegahan Sakit Gigi

Kebanyakan sakit gigi disebabkan oleh kerusakan gigi dan penyakit gusi. Cara terbaik dan satu-satunya untuk menghindari kerusakan gigi dan penyakit gusi adalah melalui praktik kebersihan mulut yang baik yang pada dasarnya meliputi hal-hal berikut, yaitu mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali, menyikat gigi secara teratur, menggunakan pasta gigi dengan fluoride, flossing setiap hari dan berkumur dengan obat kumur antiseptik.

Rasa sakitnya hilang. Apakah Anda masih harus menemui dokter gigi Anda?

Sekali lagi ini hanyalah solusi sementara untuk mengurangi rasa sakit yang parah sebelum Anda menemui dokter gigi. Rasa sakitnya mungkin sudah hilang tetapi Anda tetap harus mengunjungi dokter gigi sesegera mungkin karena penyebab utama dari sakit gigi tersebut belum diobati. 

Sakit gigi tidak selalu disebabkan oleh kerusakan gigi atau penyakit gusi. Sangat beresiko untuk selalu berasumsi bahwa sakit gigi adalah manifestasi dari masalah gigi dan gusi. Kemungkinan penyebab lain dari sakit gigi adalah: bruxism atau kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur, infeksi telinga atau sinus atau angina, penyakit jantung.

Tanpa diagnosis yang tepat, Anda tidak akan mendapatkan perawatan untuk penyebab sakit gigi yang sebenarnya. Itulah mengapa diagnosis yang tepat oleh dokter gigi sangat penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk sakit gigi Anda.

Similar Posts