kain sofa

Berbeda Jenis Berbeda Karakteristiknya, Yuk Kenali Jenis-jenis Kain Sofa Ini!

Pada dasarnya sofa merupakan salah satu furniture penting yang wajib ada di rumah, ia punya peran untuk memberikan kenyamanan ketik duduk karena lebih empuk dibandingkan dengan kursi biasa. Ditambah lagi jika melihat dari segi tampilannya juga punya nilai estetika yang lebih tinggi. Nantinya sofa tersebut dapat ditempatkan di ruang tamu maupun juga di ruangan lain seperti ruang keluarga untuk tempat bersantai. Patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya sofa ini punya kain pelapis di bagian luar.

Kain pelapis luar sofa ini jenisnya juga banyak, dimana pada dasarnya mereka punya karakteristik yang berbeda-beda. Ditambah juga dengan kenyamanannya. Sebelumnya kenali terlebih dahulu jenis-jenis kainnya berikut ini agar tidak salah pilih, yaitu:

 

1.    Katun

Jenis kain yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan. Dimana banyak furniture yang memang memanfaatkan pemakaian kain tersebut, karena ia punya daya serap terhadap air yang tinggi ditambah dengan kainnya yang cenderung dingin serta nyaman ketika bersentuhan dengan kulit.

kain sofa

2.    Polyester

Polyester termasuk dalam serat buatan atau sintetis, kelebihannya sendiri adalah cenderung lebih awet serta tidak mudah kusut. Bahan tersebut juga tidak mudah sobek ketika digunakan, apalagi sebagai pelapis untuk sofa. Umumnya ia kerap dicampur dengan material lain seperti rayon maupun wool untuk pelapis sofa.

3.    Rayon

Bahan yang satu ini terbilang cukup nyaman, namun sayangnya mudah mengkerut dan juga terbakar. Ia punya harga jual yang jauh lebih murah dibandingkan dengan katun, linen maupun sutra, sengaja dibuat untuk menyerupai material tersebut namun dengan harga yang lebih murah.

4.    Nilon

Kain nilon ini termasuk dalam serat buatan, ia punya keunggulan yaitu cukup elastis serta tidak mudah sobek. Kemampuan atau daya tahannya terhadap air juga terbilang tinggi, sehingga tak mudah basah ketika terkena air, air aka cenderung mengambang di permukaannya. Selain itu ia juga tahan terhadap jamur serta mudah dicuci.

5.    Linen

Jika Anda ingin sofa dengan bahan atau material yang kuat, maka dapat mempertimbangkan jenis yang satu ini untuk dipilih. Ia adalah serat alami yang halus serta tidak mudah robek maupun tidak mudah pudar warnanya. Namun memang cepat kotor dan juga mengkerut.

6.    Chennile

Bahan yang satu ini mirip seperti rajutan dan tebal seperti ulat bulu. Bahan yang satu ini juga kuat sehingga tidak mudah robek. Selain itu ketika terkena noda maka akan mudah untuk membersihkannya. Untuk sofa dengan gaya klasik maka material yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai pilihan.

7.    Kain fabric

Bahan sofa lainnya yang juga banyak digunakan oleh masyarakat adalah kain fabric. Ia memiliki ciri khas yaitu pori-porinya besar, hal ini yang sekaligus menjadi kelemahannya, karena membuatnya rentan untuk dimasuki oleh debu maupun juga hewan-hewan kecil nantinya.

8.    Velvet

Bahan yang satu ini akan memberikan tampilan yang mewah pada sofa Anda serta nyaman, karena punya tekstur yang halus serta mengkilap. Hanya saja meskipun demikian namun kenyataannya material yang satu ini juga cenderung lebih sulit untuk dibersihkan.

 

Pilah-pilih sofa yang paling tepat hendaknya juga harus mempertimbangkan bahan pelapis atau kain yang digunakan olehnya. Karena selain mempengaruhi tampilan, juga akan berpengaruh pada kenyamanan Anda di dalam menggunakan sofa tersebut nantinya.

Similar Posts