cara membuat keripik singkong yang enak

Cara Membuat Keripik Singkong Yang Enak

Hello sobat semuanya, di artikel kali ini saya mau membagikan kepada kalian bahasan mengenai cara membuat keripik singkong yang enak dengan cara yang simple, praktis, dan mudah.

Jadi sobat sekalian ga perlu lagi takut apalagi khawatir tidak bisa ikut buat dirumah. Dan juga sebelum ke masuk ke bahasan tersebut, saya ingin terlebih dulu bahas sedikit beberapa hal yang masih berkaitan dengan bahan utamanya, yakni singkong.

Ga perlu lagi berlama-lama dengan pembukaannya, langsung kita masuk ke bahasan dari yang berkaitan dengan singkongnya.

cara membuat keripik singkong yang enak

Singkong

Singkong umumnya digunakan sebagai makanan olahan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi tinggi, sedangkan daunnya biasa digunakan sebagai sayuran.

Tidak hanya makanan olahan, singkong juga banyak dijadikan sebagai salah satu bahan utama untuk dijadikan camilan atau makanan ringan.

Contoh dari makanan ringan yang berbahan dasar singkong yakni, keripik singkong, kerupuk singkong, getuk, bola-bola singkong, stik singkong, ketimus, dan banyak lagi yang lainnya.

Singkong ini juga sering kali dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama, alternatif dari sumber karbohidrat yang sering kita konsumsi sehari-hari, yakni nasi.

Di Indonesia, singkong merupakan produksi pangan pertanian terbesar kedua setelah beras, sehingga Singkong berpotensi menjadi bahan baku utama berbagai produk makanan dan industri.

Singkong adalah umbi-umbian yang panjang dengan diameter fisik rata-rata 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung jenis singkongnya tertanam.

 

Cara Membuat Keripik Singkong yang Enak

Setelah tadi saya sudah selesai dengan bahasan yang berkaitan dengan singkong, sekarang kita akan mulai masuk ke dalam bahasan dari cara membuat keripik singkong yang enak dengan cara yang mudah, simple, dan juga ringkas.

Pastinya juga bahasan ini yang sudah teman-teman tunggu sejak awal bukan? Bagi yang penasaran dengan bahasannya langsung saja simak dibawah ini.

Bahan

  • Singkong
  • Garam 
  • Kaldu bubuk (bebas menggunakan merk apapun)
  • Bawang putih
  • Kunyit
  • Kencur
  • Lada bubuk (bebas menggunakan merk apapun)

Langkah pembuatan

  1. Di tahapan pertama ini, teman-teman bisa terlebih dulu mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan nantinya dalam pembuatan keripik singkong ini.
  2. Selanjutnya, teman-teman sekalian bisa lakukan pencucian singkongnya sampai bersih agar tidak tersisa pasir ataupun hal lainnya, kemudian lakukan pengupasan kulit singkongnya.
  3. Setelah sudah dikupas, bisa kalian potong-potong tipis. Disini kalian juga bisa menggunakan mesin agar pemotongannya lebih efisien dan maksimal.
  4. Selanjutnya, sesudah terpotong tipis kalian lakukan lagi pencucian ulang singkongnya sampai semuanya bersih, jika dirasa sudah bersih kalian tiriskan.
  5. Lakukan penghalusan bahan bumbu halus seperti garam, bawang, kunyit, kencur dengan cara diuleg atau menggunakan mesin blender.
  6. Setelah bumbu halus sudah jadi, kalian campurkan bumbu halusnya dengan singkong yang sudah dibersihkan tadi secara merata.
  7. Selanjutnya, teman-teman hanya perlu mendiamkannya selama 30 menit hingga berubah menjadi berwarna agak kekuningan.
  8. Setelah singkong berubah warna menjadi agak kuning, kalian bisa menyiapkan penggorengan dan panaskan minyaknya.
  9. Selanjutnya, kalian hanya perlu menggoreng singkong tadi hingga muncul warna kuning keemasan.
  10. Setelah muncul kuning keemasan, teman-teman sekalian bisa angkat dan tiriskan.
  11. Keripik singkong yang enak siap untuk disantap dan disajikan, kalian juga bisa menaruhnya ke dalam wadah atau kemasan agar tidak mudah melempem.

Similar Posts