Cara Membuat Kue Pancong Tanpa Cetakan

Cara Membuat Kue Pancong Tanpa Cetakan

Kue Pancong adalah kue tradisional Betawi. Banyak versi menyebutkan asal usul nama kue ini. Ada yang mengatakan kata “Pancong” adalah bahasa asli Betawi. Ada juga orang yang mengatakan bahwa kata “pancong” merupakan akronim dari “pantatnya sobek”.

Hal ini masuk akal karena dalam proses pembuatannya, para pedagang menggunakan batangan besi berbentuk pengait untuk mencongkel dan mengangkat kue yang sudah matang.

Seiring berjalannya waktu, kue pancong muncul dengan model baru. Di Jakarta misalnya, ada sejumlah kafe yang memproduksi kue pancong masa kini, disajikan dengan topping dan tingkat kematangan yang berbeda-beda, seperti Kue atasnya dengan keju coklat atau kue pelangi berwarna-warni.

 

Cara Membuat Kue Pancong Tanpa Cetakan

Bosan dengan menu yang itu-itu saja? Resep kue pancong tanpa cetakan ini wajib kamu coba, semoga bisa jadi favorit baru keluarga! Kue pancong tanpa cetakan ini cocok untuk momen spesial. Enak dan tidak sulit untuk membuatnya.

Kebanyakan orang tidak berani membuat kue pancong tanpa cetakan karena takut rasa makanannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas cita rasa kue pancong!

Mulai dari jenis peralatan masak, pastikan selalu menggunakan peralatan masak yang baik dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, tentunya agar rasa masakan menjadi lebih enak.

Anda perlu menggunakan banyak bumbu agar masakan yang  Anda siapkan rasanya enak. Selanjutnya, lebih banyak berlatih untuk mengenali perbedaan rasa dapur, menikmati setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan antusias, tenang dan tidak terburu-buru juga mempengaruhi hasil akhir memasak!!!

Cara Membuat Kue Pancong Tanpa Cetakan

Cara pembuatannya tidak sulit, sobat bisa menghidangkan kue pancong tanpa cetakan (Teflon) hanya dengan 7 bahan dan 5 langkah. Ini dia bahan dan cara membuatnya, yuk bikin kue pancong tanpa cetakan (teflon)!

Bahan:

  • Siapkan 10 sendok makan tepung beras
  • Siapkan 3 sendok makan tepung beras ketan
  • Ambil 150ml santan kental sedang
  • Tambahkan 1/4 kelapa parut (setengah tua). Untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan anda dapat menggunakan mesin parut kelapa dan mesin pengolah kelapa.
  • Ambil 1/2 sdt garam
  • Siapkan 2 sdm gula pasir (bisa ditambah jika suka manis)
  • Ambil 1 sachet vanili (2 g)
  • Gula untuk taburan secukupnya.

Langkah-langkah membuat kue pancong tanpa cetakan (teflon):

  1. Dalam mangkuk: campur tepung beras, tepung ketan, garam, gula, vanili. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata
  2. Setelah tercampur masukkan kelapa parut. campur dengan baik
  3. Panaskan teflon dengan api sedang, olesi dengan minyak. Tuang adonan sesendok sayur, panggang, balik jika sisi satunya sudah padat
  4. Lakukan hingga adonan habis
  5. Tata di piring dan sajikan

Untuk meningkatkan aroma haru, saya menambahkan vanilla. Jangan khawatir, Anda bisa membuat kue lezat sendiri di rumah meski tanpa mixer dan oven.

 

Manfaat Kue Pancong Untuk Tubuh

Kue pancong ini konon merupakan jajanan tradisional Jakarta. Kue ini jg ada di beberapa daerah di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda, di Bandung disebut Kue Bandros, di Jawa Tengah dan Yogyakarta lebih dikenal dengan Serabi Rangin dan di Bali disebut Haluman.

Kue setengah lingkaran ini dibuat dengan campuran tepung terigu, santan, dan kelapa parut yang dibuat lebih enak dengan gula merah cair.

Nah, pasti banyak yang tidak percaya bahwa karena kandungan vitamin dan mineral dari kelapa parut itu sendiri, kue asli Indonesia ini memiliki manfaat antioksidan dan bisa membuat kulit lebih bercahaya dan kenyal.

Dan tepung terigu juga memiliki manfaat yang cukup baik bagi anda yang sedang menjalani program diet karena makan tepung terigu akan membuat anda kenyang lebih lama.

Selain itu, gula juga memiliki fungsi untuk memberikan energi bagi tubuh Anda, namun jangan terlalu banyak mengonsumsi gula karena akan memberikan efek negatif bagi tubuh.

Similar Posts