Cara Mudah Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah

Sebelum menulis sebuah karya ilmiah baik itu makalah, paper, skripsi, tesis, disertasi hingga proposal penelitian pasti tidak akan jauh dengan penulisan latar belakang.

Latar belakang ini menjadi salah satu bagian dasar yang penting ada dalam sebuah karya ilmiah, di dalam latar belakang terdapat hal-hal utama permasalahan yang akan kita kaji didalam penelitian.

Dari latar belakang yang sudah dibuat kemudian kita bisa dengan mudah merumuskan serta mengumpulkan teori-teori yang ada hingga adanya hipotesis, yang dimana hipotesis ini akan dibuktikan menggunakan hasil penelitian nantinya.

Nah sob agar kalian dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, maka harus memiliki latar belakang yang kuat terhadap karya ilmiah yang akan dibuat. Dengan kuatnya latar belakang kita, karya ilmiah pun akan semakin kuat dan dapat dianggap kompeten.

Lantas bagaimana cara untuk membuat latar belakang karya ilmiah dengan mudah? Berikut ulasannya.

Pengertian Latar Belakang

Latar Belakang yaitu penjelasan berbentuk uraian paragraf yang isinya adalah alasan  dari karya tulis itu dibuat. Dengan adanya sebuah latar belakang, yaitu memudahkan para pembaca dalam memahami alur yang disampaikan di dalam karya ilmiah tersebut.

Untuk mendukung penulisan karya ilmiah yang berkualitas, maka dalam penulisan latar belakang yang baik perlu disusun secara detail dan sebisa mungkin disertai dengan fakta-fakta mendukung karya ilmiah tersebut. Isi dari latar belakang juga bisa berupa penyempurnaan dan perbandingan dari tulisan mengenai topik yang sama sebelumnya.

Poin Penting Yang Harus Ada Dalam Membuat Latar Belakang

Setelah memahami pentingnya latar belakang dalam karya ilmiah, selanjutnya akan dibahas poin-poin penting yang harus ada ketika menyusun atau membuat latar belakang karya ilmiah, berikut penjelasannya:

  1. Kondisi Ideal: yaitu bagaimana keadaan dapat berjalan
  2. Kondisi Faktual: mengenai keadaan yang sedang terjadi saat ini, dapat membahas mengenai masalah yang dapat dijadikan dasar penelitian
  3. Membahas penelitian yang sudah ada
  4. Menjelaskan kelemahan, jika dalam latar belakang terdapat kelemahan
  5. Mencantumkan tujuan penelitian
  6. Menjelaskan sedikit metode penelitian yang digunakan
  7. Memuat rumusan masalah berdasarkan pertanyaan penelitian
  8. Memberikan saran secara singkat

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara mudah membuat latar belakang karya ilmiah dari Publikasijurnalnasional.com. Pastikan latar belakang yang dibuat memuat poin-poin diatas ya sob agar latar belakang penelitian kalian lebih berkompeten.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Artikel Jurnal Ilmiah; SINTA

Similar Posts