Daftar Gaji DPR di Indonesia Perbulan Terbaru 2022

Akhir-akhir ini gaji DPR menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan jumlahnya yang sangat fantastis. Biasanya seseorang yang berprofesi sebagai dewan perwakilan rakyat ini akan dipilih langsung oleh masyarakat melalui pemilu.

 

Mengenal Lebih Dekat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat

Dewan perwakilan rakyat termasuk ke dalam lembaga legislatif. Dimana memiliki peran penting untuk menunjang kemajuan suatu negara. Menurut pasal 20 a ayat 1 UUD 1945 DPR memiliki tiga fungsi penting yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan.

Berdasarkan fungsi anggaran. Dewan perwakilan rakyat memiliki wewenang untuk menetapkan perkiraan belanja negara dan pendapatan yang telah diajukan oleh pemerintah. Sedangkan legislatif yaitu itu DPR berperan membuat undang-undang bersama presiden.

Arti dari fungsi pengawasan yaitu dewan perwakilan rakyat bertugas mengawasi pemerintah dalam menjalankan tugasnya. Kegiatan ini berupa APBN dan kebijakan terhadap undang-undang negara republik Indonesia tahun 1945. Sementara masa jabatan DPR yaitu 5 tahun.

Berapa Besaran Gaji Dewan Perwakilan Rakyat Perbulan Itu?

Seorang DPR juga akan mendapatkan berbagai macam tunjangan. Tukin tersebut meliputi anak , istri, fasilitas kredit, uang sidang, anggaran rumah, komunikasi, biaya listrik, perjalanan. Maka tidak heran jika banyak orang bercita-cita menjadi anggota ini?

Tidak hanya mendapatkan gaji pokok dan tunjangan. Seorang anggota dewan perwakilan rakyat juga akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti anggaran untuk memelihara rumah jabatan, perlengkapan, pensiun. Apakah tertarik untuk menjadi di DPR?

Untuk gaji DPR yang diperoleh setiap bulannya sudah diatur dalam Peraturan pemerintah republik Indonesia nomor 75 tahun 2000. Pasal 1 yang menjelaskan tentang besarnya jumlah gaji ketua, wakil dan anggota perbulan. Untuk mengetahui lebih detailnya baca tabel berikut.

Jabatan

Gaji

Ketua DPR

Rp 5.040.000,00

Wakil ketua

Rp 4.620.000,00

Anggota DPR

Rp 4.200.000,00

Uang sidang anggota DPR

Rp 2.000.000,00

Asisten anggota

Rp 2.250.000,00

Diketahui bahwa dewan perwakilan rakyat ini dibagi menjadi dua yaitu DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/ kota. Itulah pembahasan singkat tentang gaji DPRD dan tunjangan yang diterima setiap bulannya. Semoga ringkasan ini bermanfaat.

Sumber: gajiperbulan.com

Similar Posts