Definisi Lengkap Tentang Mikroprosesor dan Sejarahnya

Pada zaman sekarang ini memang komputer sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang, mulai dari para pelajar hingga para pekerja kantoran atau para pebisnis.

Di dalam komputer terdapat sebuah komponen yang sangat penting yang bernama mikroprosesor. Pada dasarnya mikroprosesor atau microprocessor ini adalah otak dari komputer. Meskipun mempunyai peranan yang sangat krusial atau penting, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang komponen ini.

Oke jangan khawatir, karena di dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas tentang mikroprosesor dari pengertian hingga sejarahnya.

 

Apa itu Mikroprosesor?

Pada dasarnya mikroprosesor merupakan sebuah chip IC atau Integrated Circuit yang memang merupakan bentuk dari penggabungan fungsi inti dari CPU atau Central Processing Unit yang ada di sebuah komputer.

Dalam hal ini karena mikroprosesor berperan sebagai otak utama dalam sebuah komputer, tentu saja komponen ini dapat melakukan berbagai macam operasi hitung, nalar, dan juga operasi kendali yang dilakukan secara elektronik atau digital.

Bisa dibilang komponen ini merupakan komponen yang multiguna yang bisa diprogram untuk menerima data dalam bentuk elektronik atau digital sebagai input atau masukannya, kemudian memprosesnya hingga selesai sesuai dengan perintah yang ada.

Dan yang terakhir adalah memberikan hasil data atau informasi yang memang dibutuhkan oleh user atau pengguna sebagai hasilnya atau keluarannya.

Sistem yang ada di dalam microprocessor ini merupakan sebuah rangkaian terpadu atau yang lebih dikenal sebagai IC dalam bentuk komponen chip VLSI atau Very Large Scale Integration yang dapat menjalankan perintah secara berurutan dalam bentuk program.

Oleh karena itu, bisa bekerja sesuai dengan keinginan dari user atau penggunanya. Perintah yang diberikan tersebut tentu saja harus bisa dimengerti oleh mikroprosesor.

Secara umum mikroprosesor haruslah bisa menggunakan sistem bilangan yang disebut dengan binary code atau yang lebih dikenal dengan bahasa mesin. Biasanya mikroprosesor dibuat dengan menggunakan bahan plastik atau keramik yang terdiri dari pin-pin atau kaki.

Pin-pin atau kaki tersebut adalah terminal masukkan atau input dan keluaran atau output dari mikroprosesor itu sendiri.

Sejarah mikroprosesor

Pada dasarnya perkembangan dari mikroprosesor ini dimulai sejak penemuan komponen dari IC oleh Fair Child Semikonduktor yang terjadi sekitar tahun 1959. Ada 3 tokoh utama dibalik perkembangan mikroprosesor, yaitu Gordon Moore, Robert Noyce, dan Andrew Grove.

Ketiga tokoh tersebut merupakan mantan karyawan dari Fair Child Semikonduktor yang selanjutnya mereka akan mendirikan perusahaan mikroprosesor yang saat ini kita kenal dengan Intel.

Ya, dalam naungan perusahaan yang mereka buat yaitu Intel, mereka berhasil menciptakan mikroprosesor pertama di dunia yang disebut dengan Intel 4004 yang mempunyai arsitektur hanya 4 bit.

Mereka berhasil menemukan mikroprosesor pertama di dunia pada tahun 1971. Selanjutnya dengan penambahan berbagai macam komponen tambahan, mikroprosesor 4004 diubah menjadi sebuah komputer yang berukuran kecil oleh Intel.

Selanjutnya mikroprosesor berkembang lagi menjadi seri 8080 yang mempunyai arsitektur 8 bit. Hingga pada tahun 1974 Intel berhasil membuat mikroprosesor terbaru dari seri 8080 yang menggunakan 4500 transistor.

Dengan penambahan transistor tersebut, tentu saja mikroprosesor ini mempunyai kinerja 10 kali lipat dari jenis mikroprosesor sebelumnya.

Mungkin artikel ini hanya membahas sedikit tentang mikroprosesor, jika kamu ingin mengetahui lebih lengkap tentang mikroprosesor, kamu bisa mengunjungi situs Cari Tekno. Ya, pada saat ini caritekno.com merupakan situs teknologi terlengkap, terpercaya, dan terupdate tentang dunia teknologi. Dengan mengunjungi situs ini kamu akan mendapatkan banyak sekali informasi tentang teknologi.

Similar Posts