Ingin Terhindar dari Penyakit? Mari Mulai Hidup Sehat!

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal. Tetapi, membangun budaya hidup sehat tidaklah mahal. Sebelumnya, tahukah Anda tentang apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat? Pembahasan berikut perlu Anda simak agar wawasan tentang hidup sehat Anda bertambah.

 

Mengenal Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah budaya cara hidup seseorang agar dijauhkan dari risiko penyakit. Bagi yang belum mencobanya mengatakan betapa sulitnya menjalankan pola hidup sehat. Padahal tidak sesulit yang mungkin Anda bayangkan. 

Manfaat Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat tidak saja mengurangi risiko penyakit mematikan. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari pola hidup sehat meliputi:

  • Kesehatan jasmani dan rohani terjaga
  • Tidak mudah dihinggapi stres
  • Memiliki sistem imunitas yang baik

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat

Berikut adalah beberapa tips memulai hidup sehat:

Rutin Olahraga

Jalan santai juga termasuk olahraga. Jadi tidak ada alasan untuk menganggap olahraga berat. Lakukan selama setengah jam setiap hari, atau jika tidak ada waktu lakukan satu minggu sekali.

Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Seperti yang diketahui, asupan gula berlebih dapat memicu penyakit diabetes, obesitas dan lain-lain. Begitu juga dengan garam. Makanan yang gurih memang lezat, namun garam dapat memicu hipertensi dan penyakit kardiovaskular. 

Meditasi

Meditasi dapat membantu meringankan beban pikiran. Rutinlah melakukan meditasi, terutama saat akhir pekan. Aktivitas meditasi di antara berbincang santai dengan teman, liburan, maupun yoga.

Menjaga Pola Makan

Konsumsi makanan yang sehat agar kebutuhan gizi tercukupi. Tubuh manusia membutuhkan berbagai jenis nutrisi. Karena itu, padukan menu makanan Anda dengan buah, sayur, lemak sehat, biji-bijian dan lain-lain. 

Dapatkan Tidur yang Cukup

Buat jadwal tidur yang teratur. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap malamnya. Kebutuhan jam tidur tiap orang berbeda, namun mayoritas orang dewasa setidaknya membutuhkan 7-9 jam khusus untuk tidur.

Tidak Merokok

Merokok tidak ada manfaatnya bagi tubuh manusia, justru merusaknya secara perlahan. Penyakit jantung, pernapasan, kanker paru-paru dan penyakit kronis lainnya seringkali disebabkan oleh rokok.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air yang cukup setiap harinya. Air berperan dalam melancarkan metabolisme serta membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Minum Vitamin

Anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi tubuh. Agar lebih aman dan mencegah overdosis, konsumsi vitamin sesuai dengan anjuran resep dokter.

 

Setuju tidak kalau apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat itu mudah untuk dilakukan? Siapa saja bisa melakukannya, termasuk Anda sendiri.

Similar Posts