penyebab mata buta mendadak

Kenali Apa Saja Penyebab Mata Buta Mendadak

Anda mengalami keluhan mata buta atau  penurunan penglihatan drastis yang terjadi tiba tiba? Ini bukan masalah yang bisa Anda sepelekan, karena dapat menyebabkan kondisi yang fatal. Apa sebenarnya penyebab mata buta mendadak?

Seperti Apa Keluhan Mata Buta Mendadak?

kondisi mata buta mendadak dikenali dengan terjadinya kondisi penurunan penglihatan yang serius baik pada satu mata atau pun dua mata secara tiba tiba. Bisa terjadi dengan kebutaan total atau hanya memburam dan menggelap di sebagian sisi penglihatan saja.

Keluhan ini lazimnya tidak terjadi permanen, hanya beberapa menit atau jam saja. Kadang sifatnya datang pergi dalam beberapa pekan. Dan kadang disertai sejumlah gejala lain seperti sakit mata, sakit kepala, tegang pada bola mata, perubahan bentuk mata, kemerahan pada bola mata dan lain sebagainya.

Beberapa orang mengalami gangguan kebutaan ini dengan sejumlah gejala awal, seperti pandangan cahaya yang meredup, munculnya floater yang banyak (bercak atau bintik seperti kotoran atau kabut gelap pada penglihatan), sensitif terhadap cahaya, rasa pegal atau tidak nyaman pada mata dan beberapa gejala awal lainnya.

Meski sifatnya tidak permanen, tetapi munculnya kebutaan yang mendadak tidak bisa Anda pandang remeh. Penyakit ini bisa bersifat permanen ketika Anda tidak ada tindak lanjut memadai untuk mengatasi penyebab mata buta mendadak ini.

penyebab mata buta mendadak

Penyebab Mata Buta Mendadak

Penyebab mata buta mendadak secara medis dapat dikategorikan dalam 3 kondisi. Pertama karena gangguan pada struktur mata, kedua karena gangguan pada fungsi retina dan ketiga efek dari kerusakan saraf pada organ penglihatan.

Fungsi penglihatan bekerja dengan sistem penangkapan cahaya. Gambar yang Anda visualkan dalam penglihatan merupakan hasil tangkapan retina atas cahaya berikut gambar yang termasuk dalam cahaya tersebut.

Namun bila struktur mata terganggu, sehingga cahaya tidak dapat menembus kornea dengan sempurna, atau adanya gangguan retina sehingga cahaya dan bayangannya tidak jatuh tepat pada retina, juga bila sistem saraf gagal menyampaikan sinyal atas gambar yang ditangkap retina untuk dikirimkan menuju otak, maka gangguan penglihatan bisa terjadi. Salah satunya adalah gangguan kebutaan yang terjadi mendadak.

Untuk lebih jelasnya, berikut gambaran mengenai apa penyebab mata buta mendadak.

  • Terjadi perdarahan pada pembuluh darah menuju mata

Perdarahan pada sejumlah pembuluh darah menuju mata seperti pada pembuluh darah arteri dan vena dari dan menuju sistem retina, jaringan saraf mata dan sistem optik  menyebabkan bagian tersebut tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen memadai. Ini mematikan fungsi dan memicu kebutaan. Biasanya ini terkait dengan cedera mata.

  • Terjadi penyumbatan pada pembuluh darah menuju mata

Sebagaimana pada kasus perdarahan, kasus penyumbatan pembuluh darah juga dapat mematikan fungsi organ. Karena penyumbatan akan menghambat darah memasuki organ mata dengan lancar, akibatnya suplai oksigen dan nutrisi akan terganggu. Ini bisa dikaitkan dengan kasus kolesterol, hipertensi dan diabetes.

  • Peradangan dan infeksi pada mata

Gangguan infeksi dan peradangan bisa menjadi penyebab mata buta mendadak. Ini terjadi karena infeksi atau peradangan ini menyerang retina, sehingga terjadi kerusakan pada retina. Bahkan beberapa kondisi dapat memicu lepasnya retina dari dinding bola mata.  

  • Glukoma akut

Glukoma merupakan kondisi kerusakan mata akibat munculnya tekanan tinggi pada bola mata. Biasanya menyebabkan bola mata mengalami perubahan posisi, sedikit tampak keluar dan mengalami ketegangan. Glukoma akan mengganggu sirkulasi darah, kinerja retina dan merusak sistem saraf.

 

Itulah sejumlah gambaran mengenai apa sebenarnya penyebab mata buta mendadak. Lalu seperti apa langkah tepat untuk mengatasi keluhan gangguan mata buta mendadak ini? Adakah solusi yang bisa Anda tempuh?

Similar Posts