Ketahui Tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi ICT

Teknologi informasi dan komunikasi atau yang biasanya disingkat dengan ICT (Information and communication technology, merupakan sebuah teknologi sistem informasi yang mempunyai peran yang sangat penting dalam berbagai macam sektor atau bidang kehidupan.

Selain mempunyai peranan yang sangat penting dalam bidang atau sektor industri dan juga bisnis, teknologi informasi dan komunikasi juga mempunyai peranan yang penting dalam perkembangan di bidang pendidikan.

Peranan dari ICT ini bisa dibilang sangat penting dalam kaitannya dengan manfaat dan kelebihan yang ada di dalamnya. Oke bangi sebagian orang masih ada yang belum mengetahui tentang ICT, yuk langsung saja kita bahas dalam artikel ini!

Apa Itu ICT?

Teknologi informasi dan komunikasi adalah salah satu terminologi yang mencakup tentang berbagai macam peralatan teknis supaya dapat melakukan proses dan juga menyampaikan berbagai macam informasi yang penting.

Pada dasarnya teknologi informasi dan komunikasi ini mempunyai 2 aspek penting yaitu teknologi informasi dan juga teknologi komunikasi.

Teknologi informasi ini mencakup berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses, penggunaan alat bantu, pengelolaan informasi dan juga yang berhubungan dengan manipulasi.

Perlu kamu tahu bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan berbagai hal yang berhubungan dengan penggunaan alat bantu untuk bisa melakukan proses dan juga pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya.

Oleh karena itu, ICT ini mempunyai definisi yang sangat luas, yaitu yang berhubungan dengan berbagai aktivitas yang erat kaitannya dengan pemrosesan, manipulasi, pemindahan informasi, sampai dengan pengelolaan informasi.

Jika kamu ingin mengetahui tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teknologi maklumat dan komunikasi atau teknologi informasi dan komunikasi dengan lebih lengkap kamu bisa mengunjungi website caritekno.com. Ya, pada saat ini memang website ini merupakan salah satu web teknologi paling lengkap dan up to date.

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peran dari teknologi informasi dan juga komunikasi ini bisa dibilang sangat besar, apalagi pada zaman yang serba modern seperti sekarang ini.

Terdapat beberapa peranan yang bisa dirasakan daripada teknologi informasi dan komunikasi ini yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai Ilmu Pengetahuan

Peran pertama yang dapat dirasakan dari adanya teknologi informasi adalah sebagai sumber ilmu pengetahuan. Ya, pada intinya ada banyak sekali sumber ilmu pengetahuan yang bisa kamu dapatkan di dalam teknologi informasi dan komunikasi ini.

Dalam kaitannya dengan fungsinya ini, adanya internet merupakan salah satu peranan yang sangat besar sebagai sumber pengetahuan yang dapat diakses secara meluas.

Di dalamnya sudah terhubung dengan berbagai macam hal misalnya seperti artikel, jurnal, e-book, dan masih banyak hal menarik lainnya.

2. Fasilitas pendidikan

Peranan yang selanjutnya dari teknologi informasi dan juga komunikasi adalah dapat digunakan sebagai fasilitas pendidikan.

Perlu kamu tahu bahwa teknologi informasi dan juga komunikasi ini dapat melengkapi fungsi sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan khususnya dalam berbagai macam hal yang berhubungan dengan elektronik.

Misalnya seperti laboratorium komputer, bahasa, multimedia, rekaman musik, siaran berita, video editing, dan lain sebagainya.

3. Standar Kompetensi

Peran yang terakhir yang bisa kamu rasakan adalah teknologi informasi dan juga komunikasi dijadikan sebagai standar kompetensi.

Hal tersebut berarti ICT dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran yang sekarang banyak orang mengenalnya dengan pelajaran TIK yang merupakan singkatan dari teknologi informasi dan komunikasi.

Similar Posts