hpl kayu

Mengenal Plus Minus HPL Kayu

HPL kayu atau yang dikenal juga sebagai high pressure laminate merupakan sebuah kegiatan laminasi bertekanan tinggi yang juga termasuk salah satu bahan finishing yang cukup umum dijumpai, biasanya digunakan untuk pembuatan mebel maupun jenis interior yang lainnya. Hal ini digunakan untuk menutup area permukaan berbagai jenis perabot yang berbahan dasar kayu, sehingga tampilannya menjadi jauh lebih cantik serta pastinya juga akan tahan lebih lama.

Teknik HPL ini nyatanya memang cukup populer beberapa waktu belakangan ini, ada semakin banyak orang yang memang sengaja untuk mengaplikasikannya. Anda sendiri juga bisa memilih teknik ini untuk membuat furniture, khususnya yang terbuat dari bahan dasar kayu di rumah menjadi tampak lebih cantik. Hanya saja sebelum itu penting sekali untuk mengenal plus minus kegiatan HPL ini terlebih dahulu.

hpl kayu 

1.    Menawarkan beragam pilihan corak, pelapisan dengan teknik HPL ini memiliki beragam jenis corak atau motif cantik, sehingga nantinya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Anda bisa memberikan sentuhan warna yang berbeda untuk mempercantik perabot atau furniture tersebut.

2.    Anti gores, kelebihan lain yang juga ditawarkan disini adalah anti gores serta tahan terhadap air. Memang pada dasarnya tidak seratus persen tahan terhadap goresan, namun paling tidak memang punya ketahanan yang cukup bagus terhadap adanya resiko goresan yang bisa saja merusak bagian permukaan dari furniture tersebut, menjaga penampilan dari furniture.

3.    Pengerjaannya yang lebih mudah dan cepat, dari segi teknik pengerjaan sendiri pada dasarnya ia juga menawarkan banyak keunggulan, termasuk karena memang lebih cepat selesai serta mudah, karena menggunakan cat duco ditambah lagi ia juga tidak akan meninggalkan banyak sampah, sehingga tampak lebih bersih.

4.    Biayanya juga relatif lebih murah, mulai dari biaya untuk bahan serta jasa untuk melakukan HPL ini sendiri tidak memakan biaya yang mahal atau cenderung lebih terjangkau, jadi akan aman untuk kantong Anda.

5.    Kurang fleksibel, sayangnya memang teknik HPL ini membuat hasil yang cukup keras, tingkat fleksibilitasnya sendiri cenderung rendah, jadi jika tidak hati-hati nantinya akan lebih mudah patah.

6.    Pemotongan HPL kurang rapi, dari segi teknik pemotongannya sendiri ia juga memiliki kelemahan karena memang kurang rapi, sehingga kemudian akan terlihat adanya lapisan ketebalan dari HPL tersebut, hal ini akan tampak di area sudut-sudutnya.

7.    Teknik HPL ini pada dasarnya juga tidak dapat digunakan pada bidang lengkung kecil, itulah mengapa pada area atau bidang lengkung kecil umumnya akan menggunakan paduan dengan sheet plastik.

 

Itulah kelebihan serta kekurangan menggunakan teknik HPL yang bisa Anda jadikan sebagai perhatian dulu sebelum memulai untuk menerapkannya, sesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

Similar Posts