handle pintu

Pilih dengan Cermat Handle Pintu Rumahmu!

Ketika rumah Anda akan segera jadi, Anda pasti melakukan pengecekan terhadap detail rumah Anda untuk mengetahui apakah ada yang kurang atau perlu diperbaiki dari proses finishing tersebut. Tidak hanya mengenai tampilan depan, segala detail kecil dalam rumah Anda seperti pintu ruangan, gorden, keramik, pemilihan warna cat rumah dan desain serta furniture yang mendukung dan sebagainya yang juga dapat menjadi perhatian penghuni rumah.

Handle pintu juga menjadi unsur penting yang berhubungan dengan tampilan depan rumah Anda. Ketika hendak membeli, Kebanyakan dari pembeli lebih memperhatikan bagaimana warna dan bentuk dari handle pintu. Padahal material pembuatannya juga harus menjadi bahan pertimbangan dalam membeli. Terkadang, terlalu banyak pilihan bahan membuat Anda bingung dalam memilih karena Anda kurang memahami mengenai bahan-bahan tersebut. Sebenarnya ada beberapa material pembuatan handle pintu beserta kelebihannya diantaranya sebagai berikut:

 

1.    Bahan Stainless steel

Handle pintu yang menggunakan bahan ini memiliki daya tahan yang lama dan cukup kuat dibandingkan baja dan bahan ini anti karat karena mengandung chromium lebih besar dari 10%. Bahan memiliki banyak sekali tipe penggolongan yang memiliki kegunaan masing-masing. Semakin murni baja tahan karat maka semakin ia tidak memiliki medan magnet. Bila menggunakan bahan ini, maka akan memiliki daya tahan yang baik terhadap goresan keras, tahan karat, memiliki massa yang kecil dan tidak panas. Keunggulan lainnya dari bahan ini adalah mudah dibersihkan jika ada kotoran yang menempel sehingga handle pintu tetap terlihat bersih dan mengkilat yang menambah kesan menarik.

handle pintu

2.    Bahan Kayu

Dari dulu, bahan kayu adalah bahan yang paling sering digunakan. Cara mendapatkannya yang mudah dan simpel tanpa ribet. Di era sekarang, gagang berbahan kayu tidak berbentuk monoton, tapi telah memiliki berbagai bentuk yang di padukan dengan sebagian bahan logam atau material lainnya. bahan kayu seakan mengidentikkan kesan yang klasik dan sederhana. Handle ini ada baiknya hanya digunakan di dalam ruangan untuk menghindari terjadinya pelapukan kayu karena sinar matahari.

3.    Bahan Brass

Bahan ini identik dengan warna dominan kuning, namun terkadang juga terdapat warna hijau atau merah. Hal ini bisa terjadi tergantung pada campuran logam apa yang dipakai. Beberapa campuran bahan yaitu timah, nikel, alumunium dan mangan. Material yang mendapat tambahan dari timah yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia, sehingga penggunaan material masih dibatasi. jika dalam pembuatannya menggunakan bahan brass murni, handle pintu ini akan tahan lama dan tidak berkarat. 

4.    Bahan Zinc alloy

Bahan jenis ini merupakan bahan yang rapuh karena gabungan antara seng, tembaga, magnesium dan alumunium. Jika ditanya mengenai berat, bahan ini tergolong paling ringan daripada bahan lainnya serta mudah untuk membentuk dan mewarnai material ini. Keuntungan dari bahan ini adalah harganya yang murah dan terjangkau. Namun sayangnya handle ini cepat rusak dan tidak tahan lama.

 

Setelah memahami bahan dasar pembuatan handle pintu, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan Anda dengan material dasar. Semakin bagus material, tentu akan semakin mahal harga yang ditawarkan tapi tentu dengan keuntungan yang lebih banyak. Jika dihitung-hitung, akan sama jatuhnya jika Anda membeli barang bagus sekalian daripada Anda membeli barang dengan harga murah namun sering melakukan pergantian handle pintu. Saran Saja, Apabila Anda ingin memiliki handle yang kuat dan tahan lama, pilihlah material yang berbahan Stainless steel namun semua kembali lagi pada kebutuhan Anda dan keinginan Anda. 

Similar Posts