Tips Menyiasati Sepatu Kekecilan

Mungkin saja kamu memiliki sepatu yang kesempitan dan merasa sayang untuk membuangnya. Entah itu karena modelnya yang bagus atau kualitasnya juga masih bagus. Sehingga membuatmu  ingin memakainya tetapi malah membuat kakimu terasa sakit. Maka jangan khawatir, karena terdapat beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi sepatumu yang sudah kekecilan. 

 

Cara mengatasi sepatu yang kekecilan 

Salah memilih ukuran sepatu memang kadang kala kerap terjadi, seperti kekecilan dalam memilih ukuran sepatu. Hal ini tentunya akan membuat kaki merasa tidak nyaman ketika sepatu tersebut digunakan. Namun kondisi tersebut dapat diakali dengan beberapa ara yang dapat kamu coba. Dengan cara ini dapat mengatasi sepatu kekecilan menjadi nyaman ketika digunakan. 

1. Renggangkan sepatu menggunakan hairdryer 

Cara yang dapat kamu coba dalam mengatasi sepatu yang kekecilan yaitu dengan melonggarkan atau meregangkannya. Caranya cukup mudah, untuk sepatu boot yang terbuat dari kulit atau bahan beludru, kamu dapat meregangkan ukuranya menggunakan hairdryer. Sebelum melakukannya, siapkan kaos kaki, pelembab kulit dan hairdryer. Pertama, gunakan satu atau dua pasang kaos kaki tebal pada kedua kakimu yang fungsinya untuk melindungi kulit dari udara panas hairdryer. 

Gunakan juga pelembab pada kaki supaya tidak kering ketika melakukan cara ini.Jika sepatumu memiliki tali maka lepaskan terlebih dahulu tali tersebut dari sepatu. Arahkan hairdryer selama dua menit di bagian samping, atau belakang sepatu secara bertahap dan bergantian. Semakin sering melakukan hal tersebut maka akan sepatumu akan menjadi lebih longgar.  

2. Pakai alat peregang sepatu 

Cara ini sangat direkomendasikan untuk sepatu kulit, flat shoes, dan oxford shoes. Untuk cara yang satu ini kamu memerlukan alat khusus untuk meregangkan sepatu. Kamu dapat membelinya dengan mudah pada toko online. Cara ini dianggap paling aman, karena tidak menggunakan udara panas yang akan merusak warna pada sepatu. 

Cukup dengan memasang alat ini ke dalam sepatu kemudian putar pengait yang ada di bagian belakang. Pengait tersebut dapat melebar dan merapat dengan mudah sehingga dapat melebarkan sepatumu. Setelah alat tersebut dimasukan kedalam sepatu kemudian tunggu 6 hingga 8 jam.

3. Menaruh sepatu ke dalam freezer

Selain dengan memanfaatkan suhu panas, ternyata dengan suhu dingin juga dapat mengatasi sepatu yang kekecilan. Dengan memasukan air yang telah dimasukan pada plastik ziplock, kemudian tutup hingga kencang pastikan jangan sampai tumpah. Kemudian masukan plastik air tersebut kedalam sepatu dan simpan didalam freezer, tunggu selama 20 menit. 

Lakukan cara ini secara beberapa kali agar ukuran sepatu dapat melebar menjadi lumayan longgar. Cara ini cocok digunakan untuk sepatu kets, sepatu non kulit, dan sepatu yang ujungnya runcing. 

4. Menggunakan koran basah 

Untuk melonggarkan sepatu yang kekecilan kamu dapat menggunakan koran basah dan diletakan di dalam sepatu. Caranya ambil koran kemudian celupkan ke dalam air, remas hingga sedikit mengering. Kemudian letakan koran tersebut pada bagian dalam depan sepatu. 

Padatkan bagian tersebut dengan koran yang lainya hingga terlihat melebar dan longgar. Tunggu hingga satu malam hingga koran mengering, dan jemur dibawah sinar matahari. 

5. Menggunakan gulungan kaos kaki

Jika kamu ingin melonggarkan sepatu mu tetapi tidak memiliki hairdryer dan koran di rumah maka kamu dapat menggunakan gulungan kaos kaki. Caranya dengan memasukan kaos kaki ke bagian dalam sepatu hingga memenuhi seluruh bagian sepatu. Diamkan selama semalam maka sepatumu tidak akan terasa sempit lagi. 

6. Memanaskan sepatu di kompor

Cara ini recomended di gunakan pada sepatu yang terbuat dari bahan kulit dan suede yang memiliki sol plastik yang tebal di bagian bawahnya. Caranya mudah dengan isi bagian dalam sepatu dengan botol air. Kemudian nyalakan kompor gas dan taruh sejauh 10 cm dari api kemudian balik sepatu hingga semua bagian terkena secara merata. Lakukan hal ini secara berulang-ulang hingga sepatumu benar-benar nyaman saat digunakan.  

Jangan paksa memakai sepatu jika, sudah melakukan berbagai cara tetapi tidak dapat berhasil semua karena sepatu sudah terlanjur kekecilan. Terutama jika ukuran sepatu tersebut sudah memiliki selisih yang jauh dengan ukuran kakimu saat ini. Maka jika sepatumu masih sempit dan tidak nyaman saat digunakan maka sebaiknya gantilah sepatu tersebut. Menggunakan sepatu yang kekecilan tidak hanya memberikan rasa yang kurang nyaman tetapi juga akan menimbulkan masalah pada kaki.

 

Masih berkaitan dengan sepatu, bagi kamu yang sedang mencari jasa cuci sepatu, kamu bisa menggunakan layanan cuci sepatu Makassar. Layanan yang satu ini sudah berpengalaman dalam bidang cuci sepatu selama bertahun-tahun. Maka tak heran jika sepatu kita akan kembali bersih dan kinclong.

Similar Posts